Disnaker Adakan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi Pencari Kerja

                                         
Kepala dinas 
JUANDA DIMANSYAH, S.E, M.M


Investigator-news.id kabupaten Bogor // Saat ini banyak pencari kerja yang kurang mendapatkan pembekalan memadai untuk memahami potensi dirinya yang seharusnya dapat menjadi acuan bagi mereka untuk mengenali bakat, minat, kepribadian, kemampuan, kelebihan, serta kekurangan yang dimilikinya. Hal ini membuat mereka kurang dapat mengarahkan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk dapat mengisi kesempatan kerja sesuai pekerjaan jabatan yang diminatinya. Selain itu masih banyak pencari kerja yang kurang mengetahui informasi tentang dunia kerja, dan cenderung memilih suatu pekerjaan tanpa mengetahui dengan jelas persyaratan untuk menduduki suatu jabatan membuat pencari kerja kurang berhasil mencapai tingkat efektifitas, efisiensi dan produktifitas yang tinggi, karena memang tidak sesuai dengan potensi dirinya. Dalam situasi demikian maka program penyuluhan dan bimbingan jabatan menjadi penting untuk dilaksanakan.

Penyuluhan dan bimbingan jabatan adalah suatu proses untuk membantu seseorang dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan pekerjaan atau jabatan, dengan tujuan untuk mempertemukan antara karakteristik individu dengan peluang/ kesempatan kerja yang ada, sehingga seseorang (pencari kerja) menyadari realitas potensi dirinya dan dapat memiliki gambaran obyektif tentang peluang kesempatan kerja dan pada akhirnya mampu menentukan pilihan karirnya secara tepat. 

Sasaran kegiatan ini ditujukan bagi para pencari kerja yang terkait dengan pelayanan penempatan tenaga kerja dalam rangka membantu mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten dan memenuhi persyaratan kompetensi kerja (job requirement) yang dibutuhkan di pasar kerja, serta mendukung keberhasilan penempatan tenaga kerja dengan prinsip “the right man on the right job and at the right time”, yakni penempatan orang yang tepat, pada jabatan yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja Tahun 2024 ini, yaitu: memberikan pengetahuan tentang bakat dan minat yang dimiliki oleh pencari kerja melalui tes minat dan bakat; meningkatkan kemampuan pencari kerja untuk mengetahui keahlian, keterampilan, dan kemampuannya disamping mengetahui tentang dunia kerja dan karakteristik jabatan yang sesuai bagi dirinya; memberikan pemahaman terhadap potensi diri yang dimiliki oleh pencari kerja sebagai acuan dalam pengembangan potensi diri; memberikan informasi mengenai dunia kerja sehingga pencari kerja dapat mengidentifikasi pekerjaan yang paling tepat sesuai dengan potensi dirinya.

Di tahun 2024 kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja diselenggarakan dengan metode kunjungan ke 12 (dua belas) SMK di wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah peserta sebanyak 50 (lima puluh) orang siswa/siswi kelas XII SMK. Dalam kegiatan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor juga menghadirkan Tim Konsultan/Tenaga Ahli bidang pengembangan SDM sebagai narasumber kegiatan. Sampai dengan bulan Juli Tahun 2024, telah dilaksanakan 4 (empat) kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Bagi Pencari Kerja, yaitu:

1. SMK Kesehatan Prof. Dr. Moestopo   Leuwisadeng (30/04/2024);



2. SMK Pariwisata Metland Cileungsi (07/05/2024);



3. SMKN 1 Bojonggede (21/05/2024);

SMK Pariwisata Metland Cileungsi (07/05/2024);



SMKN 1 Bojonggede (21/05/2024);


4. SMK Wirabuana 1 dan 2 Bojonggede (26/07/2024);




Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama