Dinas Ketahanan Pangan Mengadakan Sosialisasi Cadangan Pangan Pemerintah Desa Tahun 2023


 Dinas Ketahanan Pangan Mengadakan Sosialisasi Cadangan Pangan Pemerintah Desa Tahun 2023


Investigator-news.id Cibinong Bogor // Dalam upaya untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitas aparatur kecamatan dan desa terkait dengan penyelenggaraan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Sosialisasi Cadangan Pangan Pemerintah Desa pada tgl 30 dan 31 Oktober 2023 di Hotel M One, Sentul, Bogor. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Bapak Asep Mulyana Sudrajat, SH dengan moderator Ibu Ir. Irma Villayanti selaku Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan  dan Bapak Sutriana, SP, MM.  selaku Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan. 


Cadangan Pangan Pemerintah baik di Pusat maupun di Daerah merupakan faktor penting yang harus dipenuhi oleh Pemerintah untuk menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan. 

Sesuai dengan PP no 17 th 2015 dan Perpres No 125 Tahun 2022, kewajiban penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah, dilaksanakan sampai ke tingkat desa, demikian disampaikan Narasumber dari Badan Pangan Nasional, Ibu Yola Novita, SP. 



Lebih lanjut Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor, diatur dalam Perbup No 42 Tahun 2021 yang direvisi menjadi Perbup No 39 Tahun 2023. Adapun urgensi pengelolaan CPPD adalah dalam kerangka antisipasi kerawanan pangan, resiko bencana dan kedaruratan serta dampak gejolak harga pangan.

Peraturan Badan Pangan Nasional No 15 Tahun 2023 menetapkan jumlah CPPD berdasarkan beberapa indikator yang meliputi faktor resiko bencana, tingkat kerawanan pangan, jumlah produksi dan kemampuan anggaran pemerintah daerah. 

Pengelolaah CPPD merupakan serangkaian proses yang tidak hanya sampai pada penetapan penghitungan jumlahnya tetapi juga berkaitan mulai dari aspek pengadaan, pengelolaan dan penyalurannya. 


Diharapkan hasil dari sosialisasi ini, penggunaan dana desa sebesar 20% untuk Ketahanan Pangan dapat difokuskan untuk penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah desa guna meningkatkan ketahanan pangan dalam menghadapi krisis pangan yang sedang melanda berbagai negara di dunia.


Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama