IWAN ISKANDAR TERPILIH SEBAGAI KETUA RW 09 KAMPUNG PADURENAN KELURAHAN PEBUARAN MEKAR KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR



Investigator-news.id Cibinong, Minggu 08/01/2023,~ Pemilihan Ketua RW 09 Kp.Padurenan, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Rukun Warga di RW 09 Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong berlangsung layaknya Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden. Bahkan, masyarakat siap menagih apabila kepemimpinan ketua  RW yang baru tidak Amanah.


Berada tepat di antara dinding pembatas Kali Code dan dinding sebuah rumah, jalan menuju Balai RW 09 kelurahan pabuaran Cibinong, memang sempit bahkan membentuk koridor. Sebelum memasuki antrean pemilih, kita disambut fhoto para kandidat di sebelah kiri jalan dan umbul umbul di sebelah kanan jalan sehingga untuk memeriahkan suasana.



Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 09.00, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksi pun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RW mereka.


Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos 5 ( lima ) kandidat ketua RW yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.



Selaku Ketua Panitia Saefi menambahkan, pemilihan ketua  RW 09 kp.padurenan kelurahan pabuaran mekar kecamatan Cibinong secara pemilihan langsung merupakan pertama kalinya di lingkungan setempat. Namun bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.


"Tapi jangan salah, kalau nanti ketua RW yang terpilih tidak amanah, kami siap menegur sesuai aturan kepada mereka," ujarnya seraya bergurau, Minggu (08/01).


Menurutnya, pemilihan ketua RW dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.


9 RT di wilayah RW 09 hak Pemilih akan menentukan siapa di antara 5 kandidat ketua RW.



"Ada kandidat yang mencalonkan diri menjadi ketua RT sekaligus mencalonkan ketua RW, Nanti kalau dia terpilih dua-duanya, akan diminta memilih, nah yang menduduki posisi di bawahnya akan naik," jelas Saefi.


Salah satu warga, Haryono mengungkapkan bahwa, pemilihan ketua RW untuk periode 2023-2026, yang diikuti warga dari sembilan RT ini berlangsung lebih ramai dan meriah daripada pemilihan legislatif dan presiden.


Dari 9 ( Sembilan ) RT warga Pemilih Tetap yang berasal dari RW 09 saja, sudah ada 95 persen yang hadir, hingga pukul 11.00 WIB. Sementara pada pileg dan pilpres, hanya 80 persen yang mengikutinya.


"Sangat Demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan," tutur Haryono.





Perolehan di dapat yang di dapat 43 suara dari 135 pemilih jadi untuk syah menjadi ketua rw 09 adalah Iwan Iskandar dengan perolehan 43 suara unggul dari yang lain.


Ketua Rw yang baru Iwan Iskandar menyatakan, dirinya menyambut baik pelaksanaan Pemilihan ketua RW tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.


“Pemilihan secara langsung dan serentak ini memang dikehendaki oleh warga dan saya sangat terkejut dengan adanya pemilihan RW sekaligus dilakukan dengan lancar tidak lupa peran kerja panitia, ini satu ide yang sangat bagus,” katanya..


Ia berharap sebagai Ketua RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RT dan masyarakat tidak lupa dan memberikan tugas yang di amanatkan kepada saya pada akhirnya sangat menjadi PR buat saya, intinya saya ingin apa yang menjadi visi dan misi saya yaitu Mewujudkan wilayah Rw 09 linkungan yang tertata dan nyaman,dan bermartabat serta akan memperhatikan pembangunan dan infrastuktur di wilayah Rw 09",tutupnya. 


reporter

red investigator-news.id 

terimakasih sud

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama