Muharram Bulan Mulia, SMP Negeri 1 Dramaga Santuni Anak Yatim





investigator-news.id Dramaga // SMP Negeri 1 Dramaga saat melaksanakan kegiatan santuni Anak Yatim di Bulan Muharram, pada Senin, 8 Agustus 2022

SMP Negeri 1 Dramaga kabupaten Bogor, melaksanakan kegiatan santunan kepada Anak Yatim untuk memperingati Tahun Baru Islam, Muharram 1444 H, pada Senin (8/8/2022).


Santunan itu merupakan kegiatan tahunan di SMP Negeri 1 Dramaga tersebut. Bentuk santunan yang diberikan itu berupa Uang Saku dan Paket Sembako berasal dari para guru, orang tua siswa dan pihak luar.



“Dana santunan dikumpulkan dari para guru dan tenaga kependidikan di sekolah di SMP kami, terdapat kurang lebih 90 siswa siswi yang berstatus yatim piatu,” kata Enay Winarni, S. Pd. MM , kepala sekolah SMP Negeri 1 Dramaga.


 Penceramah nya  Hj Neneng M.Pd guru agama SMPN 1 Dramaga dihadiri oleh wakil ketua DWP Dinas Pendidikan Kab Bogor berharap kegiatan santunan itu bisa lebih menanamkan rasa kasih sayang dan kepedulian siswa terhadap sesama.



“Tidak pada hari ini saja, tapi sampai akhir masa nanti,” kata Enay Winarni, S. Pd. MM menambahkan.


Dia menambahkan bahwa, keutamaan bulan Muharram salah satunya adalah menyantuni anak yatim piatu. Pasalnya, bulan itu merupakan bulan yang mulia dan istimewa.


Muharam adalah bulan pertama pada penanggalan Hijriah, salah satu dari empat bulan haram dalam Islam. Bulan itu disebut sebagai bulan mulia (asyhurul hurum), bulan yang istimewa karena mengharamkan berbuat dosa.





Salah satu dalil sahih tentang anjuran menyantuni anak yatim adalah dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu.


Dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini.”


Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wa salam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shalallahu ‘alaihi wa salam, serta agak merenggangkan keduanya.

(HR Bukhari).


Selain itu, pada Surat Al-Baqarah ayat 220 yang artinya: ”Mereka bertanya padamu tentang anak yatim, katakanlah memperbaiki keadaan mereka adalah baik.”


Kepala SMP Negeri 1 Dramaga,  Enay Winarni, S. Pd. MM  berharap, kegiatan santunan ini dapat terus berlanjut setiap tahun agar semuanya dapat berbagi kebahagiaan dengan sesama, khususnya siswa siswi.



“Atas dasar tersebut, para guru dan tenaga kependidikan, mengumpulkan sebagian rejekinya untuk disumbangkan kepada siswa yatim piatu di SMP Negeri 1 Dramaga,” pungkasnya Enay".


Red investigor-news.id 

Terimakasih sudah membaca website kami

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama