Si Jago Merah Melalap 15 Kios Di Kawasan Jambu Dua Tak Ada Korban Jiwa



Investigator-news.id Bogor // Sebanyak 15 kios semi permanen di kawasan Pasar Jambu dua Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, Senin, (13/6/2022) pukul 04:30 WIB pagi.


Api melahap kios-kios dan nyaris tak tersisa. Bangunan kios yang terbuat dari kayu dan tripleks itu tampak rata dengan tanah, kios-kios yang terbakar berdiri di pinggiran Sungai Ciliwung dan berada di seberang bangunan utama pasar Jambu Dua. Kini kepolisian telah memasang police line.


Salah satu pedagang di Pasar Jambu Dua Bambang Wahyudi mengatakan kebakaran yang menghanguskan 15 kios itu terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu, Bambang bersama pedagang lainnya tengah berjualan di sekitar kios yang terbakar.


“Awal kejadian tidak diketahui pasti, hanya saja tahu itu api telah membesar. Api diduga dari kios frozen food dan para pedagang sempat panik, saat kejadian,” ujar Bambang saat ditemui di Pasar Jambu Dua, Senin, (13/6/2022).


Para pedagang dan pengurus pasar yang berada di lokasi setempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Banyaknya bahan bangunan yang mudah terbakar, membuat api dengan cepat menjalar dalam waktu cepat sekitar 1 jam. 15 bangunan semi permanen hangus terbakar.





“Dugaan sementara kebakaran karena korsleting listrik, informasi lain beredar akibat percikan api dari warung, dugaan awal korsleting listrik karena semua kios belum ada aktivitas,” kata Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kota Bogor, M. Ade Nugraha saat di konfirmasi melalui pesan singkat.


Ade menyampaikan, pihaknya mengerahkan 15 unit mobil Damkar untuk memadamkan api dan berhasil dipadamkan pukul 05.00 WIB.


“Akibat kebakaran, kerugian belum bisa di taksir,” ujarnya.


Terpisah, Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir menyampaikan, atas kejadian tersebut 15 kios di area Pasar Warung Jambu turut prihatin dan duka yang sedalamnya kepada para pemilik kios.


“Kepada para korban harap tetap tabah atas musibah ini, dimana momen para pedagang untuk upaya peningkatan omset-omset nya,” kata Muzakkir.


Muzakkir menyebut kios-kios tersebut masuk dalam pendataan pada revitalisasi Pasar Warung Jambu yang sedang dalam perencanaan intens.


“Perumda Pasar Pakuan Jaya juga membuka komunikasi untuk langkah-langkah solusi bagi para korban kebakaran,” ucapnya.


Dirinya juga mengapresiasi terhadap sigapnya pihak Damkar Kota Bogor sehingga api tidak menjalar meluas ke area lainya.


Sementara itu, Kapolsek Tanah Sareal AKP Surya mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran di kios Pasar Jambu Dua



Reporter Min/shd

Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama