Ketua LSM PASI Oman Pribadi Dan Ketua LSM Wacana Munir Jalil SH KPK Usut tuntas Yang Korupsi Tapi Harus Objektif Yang Berdasar

                         Munir Jalil SH Pengacara dan ketua LSM Wacana 


                      Oman Pribadi ketua LSM PASI

Investigator-news.id Bogor // Netralitas KPK perlu di acungkan jempol kata Oman Pribadi dan Munir Jalil SH selalu Ketua LSM PASI dan Ketua LSM wacana.


Oman Pribadi dan Munir Jalil SH selalu pengamat hukum menjelaskan, Mens Rea dan Actus Rea di dalam tindak pidana korupsi, sangat penting untuk diperhatikan. Sebab kejahatan yang saat ini dimasukkan ke dalam katagori extra ordinary crime ini, tidak semua dilakukan atas kesadaran atau ada niat.



“Faktanya tidak sedikit kasus korupsi yang menyeret orang-orang tidak berdosa, dalam hal ini yang telah melakukan perbuatan pidana yang secara hukum telah memenuhi unsur-unsur yang dikaitkan dengan teori hukum pidana (Mens Rea & Actus Rea, Red). Apakah ketika seseorang yang berbuat tindak pidana karena ketidaktahuan, yang sebenarnya hal itu dilakukan oleh bawahan atau pihak lain dan yang mana hal itu mungkin bertentangan dengan hati nurani dan tidak ada niat. Apakah hal itu layak untuk dipidana atau dihukum?,” tandas Oman dan Munir.



Teori hukum pidana tersebut (Mens rea & actus rea), lanjut Oman Pribadi dan Munir Jalil SH, menjadi sangat penting untuk menentukan pertangungjawaban dari pelaku.



“Perlu diingat bahwa setelah adanya putusan MK No. 25/PUU-XIV/2016 tentang korupsi adalah delik materil, artinya unsur memperkaya diri dan merugikan uang negara perlu dibuktikan secara detail. Apalagi bila ada penangkapan (OTT) di tempat yang berbeda, tentunya KPK perlu berhati-hati dan kecermatan,” kata pengamat hukum" Munir dan Oman".



Munir dan Oman berharap, KPK sebagai penegak hukum, untuk senantiasa bekerja atas dasar hati nurani, profesionalitas dan semangat anti korupsi.


Ketua LSM PASI dan Ketua LSM WACANA mendukung positif KPK berantas pelaku korupsi di muka bumi kabupaten Bogor di sikat habis jangan tebang pilih, habiskan tutur kedua Ketua LSM. 


“Sejatinya jika kita Bongkar-bongkaran, masih banyak pelaku tindak korupsi yang berkeliaran di kabupaten Bogor  khususnya dan umumnya di muka bumi nusantara yang secara perbuatannya lebih jelas dan tentunya sadis dalam hal merugikan keuangan negara. Namun hal itu, tidak pernah diungkap dan ditindak dengan tegas berdasar hukum ,saat kabupaten Bogor bersih bersih dari korupsi,” papar dua pengamat hukum yaitu Munir Jalil dan Oman Pribadi.

Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama