Hasil Sidang Isbath, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada 3 April 2022



Investigator-news.id Jakarta // Pemerintah Indonesia telah menetapkan awal Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022 M berdasar hasil Sidang Isbath Awal Ramadan 1443 H, pada Jumat (1/4/2022).


“Alhamdulillah sidang isbath ini telah mengambil kesepakatan dan keputusan bahwa 1 Ramadan 1443 H bertepatan pada hari Ahad, 3 April 2022 M,” kata Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas dalam akun Twitternya.


Sidang isbath ini digelar secara hybrid, dan diikuti oleh perwakilan ormas Islam, Duta Besar Negara Sahabat, dan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama.


Sebelum ditetapkan, Menag terlebih dahulu mendengarkan laporan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, terkait posisi hilal di seluruh Indonesia.


Dilaporkan bahwa, secara hisab, posisi hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, tepatnya ketinggian hilal pada posisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10 menit.


Namun demikian, berdasar laporan rukyat, tidak ada seorang pun yang menyampaikan telah melihat hilal. Tim Kemenag melakukan rukyatul hilal pada 101 titik pada 34 provinsi di seluruh Indonesia.


Atas hal itu, berdasar hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat ditetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022 Masehi (M).


“Ini hasil sidang isbath yang baru selesai dan disepakati bersama,” sambung kata Yaqut dalam keterangan pers Kementerian Agama.


Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Jaidi yang mengikuti sidang isbath mengatakan bahwa, sebelum menetapkan awal Ramadhan, Menag selaku pimpinan sidang telah meminta pertimbangan dari berbagai ormas Islam.


Ternyata dilaporkan tidak ada yang melihat hilal dalam rukyatul hilal sehingga awal Ramadan ditetapkan jatuh pada 3 April 2022.



Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama