Gelombang Tinggi Menghantui Pantai Selatan Sukabumi



Investigator - News. Com Sukabumi Pelabuhan ratu hasil prakiraan cuaca dari BMKG, kondisi sinoptik perairan Sukabumi diperkirakan mengalami gelombang tinggi hingga 4 meter. Para nelayan disarankan agar dapat waspada saat berada di laut lepas.


Koordinator Sarda Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri mengungkapkan, prakiraan cuaca dari BMKG, wilayah perairan Sukabumi masuk kategori gelombang tinggi. Namun, peningkatan gelombang diperkirakan terjadi di perairan lepas.


“Ya, betul saat ini terjadi peningkatan gelombang di laut lepas perairan Sukabumi, diperkirakan gelombang tinggi terjadi hingga Selasa malam,” ungkapnya. 


Namun begitu, khususnya di wilayah pantai Palabuhanratu, tidak terjadi peningkatan gelombang yang signifikan karena perairan di sepanjang Palabuhanratu, Cisolok merupakan perairan teluk. Sedangkan peningkatan terjadi di perairan Cikeueus hingga Ujung Genteng.


“Jadi kalau Palabuhanratu itu tidak terlalu ada peningkatan gelombang yang signifikan karena teluk, beda halnya dengan Ujung Genteng yang merupakan laut lepas,” sebutnya.


Kendati demikian, para nelayan yang berada di Palabuhanratu mengurangi aktivitasnya di laut lepas. Walaupun memang, potensi ikan di teluk dan laut lepas jauh berbeda.


“Untuk nelayan yang beroperasi di wilayah teluk masih beraktivitas seperti biasa, tapi yang biasanya ke laut lepas dikurangi karena gelombang sedang tidak bersahabat,” ungkapnya. (smt/sahid)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama